Sabtu, 07 Februari 2009

TAXSONOMY BLOOM IN DIGITAL ERA EDUCATION




Benjamin Bloom (lahir pada 21 Pebruari 1913, meninggal pada 13 September 1999) seorang psikologis pendidikan berkebangsaan Amerika Serikat sudah memberikan kontribusi besar di bidang pendidikan dengan menyusun klasifikasi objektif kognitif kependidikan serta teori belajar tuntas (mastery learning).
Pengkategorian tersebut sampai saat ini kita kenal dengan sebutan taksonomi bloom. Taksonomi Bloom mengbuat suatu urutan klasifikasi berdasarkan pada urutan ketrampilan berpikir dalam suatu proses yang semakin lama semakin tinggi tingkatannya.
Dalam konteks ini, menurut Bloom, kita tidak dapat memahami suatu konsep apabila kita tidak melakukan “mengingat” terlebih dahulu, sama hal nya kita bisa menerapkan suatu pengetahuan dan konsep apabila kita tidak memahaminya. Urutan yang yang disampaikan oleh Bloom ini merupakan suatu kontinum dari berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking) ke berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking).
Pada tahun 1990-an murid dari Bloom yang bernama Lorin Anderson, melakukan revisi dan penyesuaian atas taksonomi bloom gurunya itu, di mana revisi yang dilakukan oleh Anderson ini menggunakan kata kerja dari setiap kategori dan penyusunan kembali tahapan-tahapan yang ada di dalam taksonomi terdahulu.
Setiap kategori memiliki elemen yang terdiri atas sejumlah kata kerja terkait mulai dari tingkat berpikir rendah ke tingkat berpikir tinggi, yaitu :
• Remembering - Recognising, listing, describing, identifying, retrieving, naming, locating, finding
• Understanding - Interpreting, Summarising, inferring, paraphrasing, classifying, comparing, explaining, exemplifying
• Applying - Implementing, carrying out, using, executing
• Analysing - Comparing, organising, deconstructing, Attributing, outlining, finding, structuring, integrating
• Evaluating - Checking, hypothesising, critiquing, Experimenting, judging, testing, Detecting, Monitoring
• Creating - designing, constructing, planning, producing, inventing, devising, making

Elemen yang dikemukakan Anderson tidak secara spesifik menunjukkan objektif yang terintegrasi dengan Teknologi Informasi atau era Digital sebagaimana yang sedang kita jalani ini, terutama dalam hal aplikasinya di dalam kelas dan kehidupan peserta didik pada saat sekarang.
Untuk menjawab hal tersebut maka di dalam setiap kategori tersebut perlu dilengkapi dengan kata kerja yang berkaitan dengan Teknologi Informasi sebagaimana pada gambar berikut ini :


Kata kerja yang dilengkapi yang berkaitan dengan Teknologi Informasi sebagaimana pada gambar di atas adalah :
Key Terms - Remembering:
Recognizing, listing, describing, identifying, retrieving, naming, locating, finding, Bullet pointing, highlighting, bookmarking, social networking, Social bookmarking, favorite-ing/local bookmarking, Searching, Googling.
Key Terms - Understanding:
Interpreting, Summarizing, inferring, paraphrasing, classifying, comparing, explaining, exemplifying, Advanced searching, Boolean searching, blog journaling, twittering, categorising and tagging, commenting, annotating, subscribing.


Key Terms - Applying:
Implementing, carrying out, using, executing, running, loading, playing, operating, hacking, uploading, sharing, editing.
Key Terms - Analysing:
Comparing, organising, deconstructing, Attributing, outlining, finding, structuring, integrating, Mashing, linking, reverse-engineering, cracking, mind-mapping, validating, tagging.
Key Terms – Evaluating:
Checking, hypothesising, critiquing, experimenting, judging, testing, detecting, monitoring, (Blog/vlog) commenting, reviewing, posting, moderating, collaborating, networking, reflecting, (Alpha & beta) testing.

Key Terms – Creating:
designing, constructing, planning, producing, inventing, devising, making, programming, filming, animating, Blogging, Video blogging, mixing, remixing, wiki-ing, publishing, videocasting, podcasting, directing/producing, creating or building mash ups.

----
Bibliography
Anderson, L.W., and D. Krathwohl (Eds.) (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: a Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman, New York.