Selasa, 25 Maret 2008

Competency Based Human Resources Management


Bidang sumber daya manusia, dalam beberapa tahun ke belakang ini mulai mendapatkan perhatian yang serius dari jajaran direksi perusahaan. Departemen sumber daya manusia mulai diposisikan sebagai unit strategis yang turut menentukan arah dan kebijakan yang ditempuh oleh perusahaan. Kecenderungan baru ini berkembang dengan suatu kesadaran mengenai fungsi sumber daya manusia sebagai the man behind the gun bagi setiap bentuk kebijakan perusahaan. Kualitas sumber daya manusia yang ada di suatu perusahaan akan menentukan kualitas kebijakan yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, yang pada akhirnya menentukan pula kualitas dan daya saing perusahaan. Oleh karenanya menempatkan departemen sumber daya manusia sebagai unit strategis telah muncul sebagai suatu kebutuhan.

Hanya saja, pembenahan atau pemberdayaan terhadap departemen sumber daya manusia di suatu perusahaan seringkali dirasakan belum memberikan hasil yang optimal bagi pemberdayaan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Program-program pengelolaan sumber daya manusia yang diimplementasikan seringkali terkesan artifisial dan tidak menyentuh inti permasalahan yang sebenarnya terjadi di organisasi. Pembenahan atau pemberdayaan di bidang sumber daya manusia seringkali dilakukan tanpa dilandasi suatu strategic grand scenario yang jelas. Alhasil, banyak perusahaan yang telah mengalokasikan waktu, tenaga, serta dana yang tidak sedikit jumlahnya ke dalam program-program seperti: pelatihan dan pengembangan karyawan (training and development), assessment, maupun instalasi program Human Resources Information System, mendapatkan hasil yang mengecewakan.

Competency-Based Human Resources Management (CBHRM) adalah suatu pola pendekatan di dalam membangun suatu sistem manajemen sumber daya manusia yang handal dengan memanfaatkan kompetensi sebagai titik sentralnya. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan dapat meningkatkan efektifitas dan konsistensi kebijakan seleksi, promosi, kompensasi, penilaian kinerja, pendidikan dan pelatihan, perencanaan karir, manajemen kinerja, maupun perencanaan strategis di bidang sumber daya manusia ke titik yang paling optimum.

Kompetensi adalah atribut individu (pengetahuan, pengalaman, keterampilan, keahlian, sikap) yang diperlukan untuk dapat melaksanakan pekerjaan dan terkait dengan performansi seseorang pada pekerjaan tersebut. Kompetensi muncul dalam bentuk perilaku kerja yang dapat diukur / diperbandingkan dengan suatu standar obyektif, serta dapat ditingkatkan melalui pelatihan maupun program pengembangan lainnya.

Dengan memanfaatkan kompetensi sebagai basis kebijakan operasional maupun manajerial di bidang sumber daya manusia, perusahaan akan memiliki kriteria yang jelas dan relevan dengan kepentingan bisnis perusahaan sebagai panduan di dalam melaksanakan berbagai kebijakan terkait di bidang sumber daya manusia. Bila dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen, implementasi CBHRM akan membentuk budaya kerja yang mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia secara berkelanjutan, sehingga pada gilirannya akan meningkatkan kompetensi dan daya saing perusahaan.

Tidak ada komentar: