Jumat, 01 Februari 2008

Performance Appraisal



Penilaian Kinerja (Performance Appraisal) merupakan bagian dari suatu fenomena yang ada pada semua jenis perusahaan ataupun unit kerja. Penilaian kinerja akan mengarahkan suatu perusahaan atau unit kerja pada suatu penilaian atas sistem kerja ataupun individu karyawan. Penilaian kinerja pada saat ini merupakan hal penting di dalam suatu sistem pengelolaan (management) perusahaan di dalam melakukan suatu evaluasi dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi yang diimbangi dengan peningkatan performa personal yang terkait.

Metode penilaian kinerja yang tradisional digunakan untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan masalah gaji atau honor seorang karyawan. Besar kecilnya gaji atau honor karyawan pada penilaian kinerja tradisonal ini sangat terkait dengan tinggi rendahnya kinerja yang ditampilkan.

Metode penilaian modern lebih terstruktur dan terjadinya interaksi secara formal antara karyawan (sebagai bawahan) dan atasan yang biasanya dilandasi dengan indikator yang tertulis dalam suatu format khusus penilaian dan dilakukan secara terencana dengan periodisasi penilaian yang jelas. Pada pelaksanaannya antara atasan yang dalam hal ini bertindak sebagai penilai dapat melakukan suatu diskusi yang interaktif dengan karyawan yang dinilai untuk sama-sama menidentifikasikan dan meninjau kelemahan, kekuatan dan peluang bagi bagi karyawan itu sendiri dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerjanya.

Perencanaan Penilaian Kinerja (PPK) bagi suatu organisasi sangat penting, terutama apabila organisasi memiliki komitmen untuk berkembang dan mengembangkan karyawannya secara berjenjang dengan memeperhatikan titik-titik kritis dari setiap wilayah jenjang yang diproyeksikan. Perencanaan ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menunjukkan kinerja optimalnya berdasarkan arahan serta tuntutan kerja yang diharapkan oleh organisasi yang dalam hal ini bagian Sumber Daya Manusia sangatlh berperan penting.

Penilaian Kinerja pada akhirnya akan memberikan antara lain data dan gambaran berkenaan dengan :
- umpan balik dalam hal wilah kinerja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan
- identifikasi berkaitan dengan kebutuhan pelatihan bagi karyawan
- dokumentasi yang dapat pula digunakan sebagai dasar pemberian penghargaan, promosi
- diagnostik organisasi
- memfasilitasi komunikasi dua arah antara organisasi/atasan dengan para karyawan

Tidak ada komentar: